Rabu, 28 September 2011

Cara Menghitung Diameter klep dan Bore Up


















Mungkin masih banyak  yang belum tau soal rumus-rumus dalam meng-up grade performa mesin Motor yang rata-rata jenis 4-Tak. Misalkan rumus menghitung volume silinder ketika melakukan bore-up dan sebagainya.

Dari penggantian diameter piston tersebut, ada lagi rumus buat ngoprek komponen mesin lainnya bila ingin performanya lebih Handal.
kita mulai cara menghitung volume silinder.

Selasa, 12 April 2011

BORE UP SUZUKI SATRIA FU 200cc




















Mengapa head motor 4 klep lebih baik daripada head motor yang 2 klep ?

Head multivalve apalagi suzuki satria fu, yang dibekali teknologi Double Over Headed Camshaft :: alias 2 batang klep diatas kepala silinder, bubungan in terpisah dengan bubungan out,  adalah lompatan besar dalam dunia mesin motor indonesia. Jenjang karir bagi mekanik yang memahami sistem DOHC, bisa jadi melompat menangani mesin-mesin mobil, hmmm…

Belajarnya pun, kita harus bertolak kepada tuner mobil, salah satu anutan yang dipakai adalah, Bill Sherwood dari Sidney Australia. Beliau menerangkan bahwasanya head dengan jumlah klep inlet maupun out ganda , memiliki beberapa keunggulan, dibanding head konvensional.