Sabtu, 09 Juni 2012

Seting Pick Up Pulser Motor




















Untuk keperluan balap, banyak yang aplikasi magnet dari motor lain. Misalnya di road race yang umumnya banyak menggunakan magnet spesial engine.

Namun setelah pasang magnet, masalahnya tidak langsung beres. Harus diikuti dengan pemasangan pulser yang benar pula. Tentunya agar menghasilkan performa dan kerja mesin yang normal.

Menurut Tomy Huang dari Bintang Racing Team (BRT), ada dua yang diperhatikan. Pertama, posisi pulser dari tonjolan di magnet (pick up pulser). Tonjolan atau untuk sensor ini sangat menentukan.

Ketika posisi piston sedang TMA (Titik Mati Atas), posisi ujung belakang tonjolan di magnet berada 15 derajat dari pulser. Artinya jika pulser dipasang di atas magnet atau pas di tengah, posisi tonjolan magnet ada di depan atau sebelah kiri.






















Posisi 15 derajat ini tergantung dari diameter magnet yang dipakai. Kalau diameter sebesar punya YZ, angka yang optimal 15 derajat. Kalau yang dipakai punya Jupiter standar, bisa 30 derajat. Dari perbandingan diameter Jupiter standar memiliki diameter 114mm dan magnet YZ 57mm.


Angka 15º juga adalah patokan derajat yang enak dipakai langsam. “Untuk mesin 4-tak, paling optimal 15º itu,” sebut Tomy lagi.














Jarak optimal 0,7-1mm

Satu lagi yang mesti diperhatikan yaitu jarak dari pulser sampai tonjolan. Menurut Tomy, Supaya maksimal 0,7 sampai 1mm.

6 komentar:

  1. Mas kalau mau majuin timing pengapian itu geser magnetnya kekiri apa kekanan, kalatu saumpama kita berada di kiri motor dan menghadap ke magnet

    BalasHapus
  2. Pulsernya aja gan yg di geser ke kanan atau se arah jarum jam,caranya bikin coakan dudukan pulser

    BalasHapus
  3. Kalo magnet yz d rx king tarikan bawah berat tp tarikn atas enak itu masalanya di mana ya gan,, timrs

    BalasHapus
  4. Boss ...kalok mahnit yz pasang di fiz r biar bisa limit gimna

    BalasHapus